Translate

Dengan membuat Factory Method dan mendefinisikan sebuah class interface, kita bisa men-generate object yang dinamis sesuai kebutuhan dan implementasi yang diinginkan. Harap di-ingat lagi, ruang lingkup dari Factory Method adalah class, Factory Method sendiri adalah class object yang static.
Contoh di bawah menggambarkan bagaimana ObjectFactory memanfaatkan class interface object menjadi lebih dinamis. Contoh lain implementasi pattern ini adalah BorderFactory atau SocketFactory yang merupakan standart package Java API.
Observer Pattern menerapkan mekanisme Publisher dan Subscriber untuk mengatur bagaimana sebuah object mengetahui perubahan state di object lainnya.

Factory Matrix
Dua hal yang perlu ada dalam memakai pattern ini adalah kehadiran product dan motif. Product tentunya berkaitan dengan object apa yang akan diciptakan oleh factory. Dan motif berkaitan dengan adanya kemungkinan product tersebut memiliki cara implementasi yang berbeda dilihat dari jenis teknologi atau alternatif implementasi lain yang membuatnya memiliki corak yang berbeda. Selain dua hal pokok tersebut, penggunaan pattern ini dimaksudkan untuk memberikan abstraksi saat menciptakan object sehingga membuatnya dapat independent terhadap program client. Untuk membantu merangkumnya dapat dipakai Factory Matrix.
Gambar 3. Factory Matrix
Gambar di atas memperlihatkan Factory Matrix dimana kepala-kolom menyatakan jenis motif dan kepala-baris menyatakan jenis product.
Sebagai contoh kasus: Toys Factory memiliki dua jenis mainan (sebagai product) yang dapat diciptakan yaitu Race Car dan Cute Doll. Padanya juga terdapat dua jenis motif yang ingin diterapkan untuk kedua jenis mainan tersebut yaitu Wooden dan Electric.
Sel tempat pertemuan antara kolom dan baris merupakan concrete object dari satu jenis motif product mainan, contoh: WoodenRaceCar atau ElectricCuteDoll. Tentunya di setiap concrete object ini memiliki cara implementasi dari abstract behaviour yang berbeda-beda. Dari matriks ini kemudian dapat dipetakan ke class diagram dimana product akan menjadi AbstractProduct dan motif akan menjadi Concrete Factory

Gambar 4. Hasil pemetaan Factory Matrix ToysFactory
ke UML class diagram.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

My photo
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

Popular Post

Blogger templates

About Us

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Visitor

Flag Counter

- Copyright © Ilmu Stikom Banyuwangi -Ilmu Stikom Banyuwangi -dherry- Powered by Blogger